Kamis, 25 Desember 2014

RPP TEKS DISKUSI KLS 8



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                      Satuan Pendidikan    : SMP 1
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VIII/2
Materi Pokok             : Teks Diskusi
Waktu                         : 6 X 40 menit
A.           KOMPETENSI INTI
1.             Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.             Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawabpeduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.             Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.             Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teoriMencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.      KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.       
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.2    Menghargai dan mensyukuri   keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

1.1.1        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika menjelaskan langkah menyusun teks diskusi.
1.1.2        Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun teks diskusi
2.       
2.1  Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang.


2.1.1    Mampu melaksanakan diskusi dengan cara demokratis dan saling menghargai pendapat satu sama lain
2.1.2        Mampu melaksanakan diskusi dengan kreatif dalam menjawab permasalahan
mampu menyampaikan dan menyanggah pendapat dengan bahasa yang santun
3.       
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
3.1.1  Mampu menentukan struktur teks diskusi
3.1.2  Mampu menemukan ciri    bahasa teks diskusi
4.
4.1 Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan
4.1.1  Mampu menemukan ide pokok teks diskusi
4.1.2  Mampu menyusun /merangkai ide pokok teks diskusi
4.1.3   Mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks diskusi


C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
1.       Melalui membaca teks diskusi, peserta didik dapat menentukan struktur teks   
           diskusi.
2.       Melalui membaca teks diskusi, peserta didik dapat menemukan ciri bahasa teks     
           diskusi.

Pertemuan 2
1.       Melalui membaca teks diskusi, peserta didik dapat menemukan ide pokok dalam   
          teks diskusi.
2.       Melalui membaca teks diskusi, peserta didik mampu menyusun/merangkai ide   
          pokok teks diskusi.
3.       Melalui membaca teks diskusi, peserta didik dapat menjawab pertanyaan   
          berkaitan dengan teks diskusi.
D. Materi Pokok
Pertemuan 1
Menentukan struktur teks diskusi.
Menemukan ciri bahasa teks diskusi
Struktur Teks Diskusi.
Teks Diskusi
1.        
Isu
          Banyak sekolah terutama sekolah dasar dan sekolah menengah pertama melarang   
         siswanya membawa telepon seluler, tetapi banyak juga sekolah yang     
          membolehkan siswanya membawa telepon seluler dengan berbagai persyaratan.     
         Sebagian orang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke sekolah    
         diperbolehkan, tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon   
         seluler ke sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa   
          membawa telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
2.       Argumentasi mendukung
          Masyarakat yang setuju siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah   
          memiliki alasan, yaitu orang tua dapat menghubungi anaknya baik secara    
          langsung maupun tidak langsung. Dengan membawa telepon seluler, setidaknya  
          orang tua merasa nyaman karena dapat berkomunikasi dengan anaknya jika      
          terjadi perubahan jadwal kondisi darurat, dan sejenisnya. Jika siswa tidak
          membawa telepon seluler sedangkan orang tua perlu segera menghubungi, orang
          tua harus menghubungi kantor sekolah. Akibatnya, waktu yang berharga bisa
          hilang. Apalagi saluran telepon di sekolah sedang sibuk. Sekolah juga harus
          mengirim seseorang untuk menghubungi siswa yang bersangkutan dan
          menyampaikan pesan atau memanggilnya ke kantor untuk menerima telepon. Di   
          samping itu, salah satu keuntungan dari penggunaan telepon seluler di sekolah       
          adalah telepon seluler dapat digunakan sbagai alat bantu, terutama telepon seluler
          yang dilengkapi dengan beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan  
          internet. Aplikasi ini dapat dimanfaatkan untukbmembantu dalam bidang   
          akademik.
3        Argumentasi menolak
          Sementara itu, masyarakat yang tidak setuju siswa membawa telepon seluler ke
          sekolah mengatakan bahwa aplikasi yang tersedia di telepon seluler dapat    
          memengaruhi konsentrasi siswa dalam pembelajaran. Ketika telepon seluler
          berdering di kelas, meskipun hanya mode getar, kegiatan pembelajaran akan
          terganggu. Hal itu akan merugikan seluruh kelas. Di samping itu, siswa dapat
          menggunakan telepon seluler untuk kegiatan melawan hukum seperti transaksi
          narkoba, pencurian, dan sejenisnya.. Aplikasi internet di telepon seluler     
          memberikan kesempatan untuk melakukan kecurangan. Siswa dapat pergi ke i
          internet untuk mencari jawaban pada saat ulangan. Siswa bisa membawa teks
          contekan di dalam telepon seluler. Kadang-kadang banyak anak-anak dari
          keluarga mampu yang memiliki telepon seluler. Ha ini dapat menyebabkan
          banyak masalah sosial, seperti kecemburuan, pencurian, dan pelecehan. Proses
          penyesuaian di sekolah menjadi agak sulit karena adanya kesenjangan sosial.
4.       Kesimpulan/ saran
          Cara untuk mengatasi masalah ini adalah pihak sekolah berdiskusi dan
          bermusyawarah denga orang tua agar menghasilkan kebijakan yang tepat. Yang   
          paling penting apakah telepon seluler mempunyai dampak positif yang mengarah   
          pada pendidikan atau hanya membawa dampak negatif belajar.
Ciri kebahasaan
1         
Penggunaan konjungsi perlawanan (tetapi, namun, melainkan)
          Contoh: banyak sekolah yang melarang siswa membawa teleponseluer,                                          
          tetapi banyak juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon
          seluler     
2.       Penggunaan kohesi leksikal (kepaduan pemilihan kata)
               pengulangan, sinonim, antonim, hiponim
         Contoh:
         1)    pengulangan
                banyak sekolah yang melarang siswa membawa teleponseluer, tetapi banyak    
                juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler
         2)   sinonim
               Telepon seluler dilengkapi beberapa aksesoris. Aplikasi di dalamnya berupa
         3)    antonim
                banyak sekolah yang melarang siswa membawa teleponseluer, tetapi banyak    
                juga sekolah yang membolehkan siswanya membawa telepon seluler
         4)    hiponim
                Telepon seluler dilengkapi beberapa aksesoris, seperti kalkulator, kamera, dan    
                internet.
3.      Penggunaan kohesi gramatikal
         – rujukan, substitusi, dan elipsis
         Contoh:
         1)   Rujukan
                Masyarakat setuju bahwa siswa boleh membawa telepon seluler ke sekolah       
                karena hal itu dapat memudahkan orang tua menghubungi anaknya.
         2)   subtisusi
                … tetapi banyak juga yang menganggap bahwa membawa telepon seluler ke    
                sekolah tidak diperbolehkan. Dengan demikian, pelarangan siswa membawa     
                telepon seluler ke sekolah menuai perdebatan.
         3)   elipsis
                Aplikasi internet di telepon seluler memberikan kesempatan (kepada siswa)    
                untuk melakukan kecurangan.
 4.      Penggunaan modalitas
– kata yang bermakna kamungkinan, kenyataan, keharusan, (harus, akan, ingin, dapat, mungkin)
Contoh:
1)    dapat
       di samping itu siswa dapat menggunakan telepon seluler untuk melawan    
                 hukum.
2)    akan
        Meskipun hanya mode getar, guru akan kehilangan kesempatan mengajar.
3)     harus
        Jika ingin menghubungi orang tua, siswa harus menggunakan telepon   
                 sekolah.
Pertemuan 2
Menemukan ide pokok dalam teks diskusi
Menyusun/merangkai ide pokok teks diskusi
Menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks diskusi
        <teks diskusi yang sama dengan pertemuan pertama>
E.     Metode Pembelajaran
         Pembelajaran Discovery Learning
F.       Media, Alat, dan Sumber
          1.      
Media Pembelajaran
                Power poin tentang teks diskusi.
                Peserta didik
                Internet
         2.    Teks diskusi
         3.    Sumber
                   Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana
                    Pengetahuan Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
                  Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. 2014. Bahasa Indonesia Wahana     
                     Pengetahuan: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan    
                     Kebudayan.

G.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Pendahuluan (10 menit)
1.    Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan
                    kondisi  siswa di kelas.
2.    Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang keterkaitan pengetahuan     
        sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan.
3     .Peserta didik melihat tayangan kegiatan diskusi.
4.     Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat    
        pembelajaran
5.     Peserta didik menyimak langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan.
Kegiatan Inti (60)      
Mengamati:
1.     Peserta didik diarahkan membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa.
2.     Peserta didik mengamati contoh teks diskusi pada layar LCD projector
Menanya:
1.      
Dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar    
                peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan teks diskusi.

Menalar:
1.    Peserta didik membaca transkrip teks diskusi dengan cermat atau mengikuti           
       kegiatan  diskusi.
2.    Peserta didik mendiskusikan struktur isi teks diskusi.
3.    Peserta didik mendiskusikan ciri bahasa teks diskusi.
4.    Peserta didik menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks diskusi.
5     Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban teman.

Mencoba:
1.    Peserta didik mencoba menemukan struktur dan ciri bahasa yang digunakan     
                 Dalam teks diskusi dari contoh teks yang ditampilkan .

Mengomunikasikan:
1.    Peserta didik mempresentasikan/melaksanakan diskusi dengan penuh percaya   
       diri tentang struktur teks dan isi teks diskusi.
2.    Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
3.    Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban siswa.

Penutup (10 menit)
1.    Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat
       memahami struktur dan ciri bahasa teks diskusi dan menyampaikan kepada    
       guru.
2.    Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran     
       tentang teks diskusi.
3.    Peserta merayakan keberhasilan pembelajaran dengan menyayikan lagu    
       gembira bersama.

Pertemuan Kedua
Pendahuluan (10 menit)
1.     Peserta didik menjawab salam dan pertanyaan guru berhubungan dengan      
       kondisi siswa di kelas.
2.     Peserta didik merespon pertanyaan guru tentang keterkaitan pengetahuan    
       sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan.
3.    Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang tujuan dan manfaat
       pembelajaran
4.    Peserta didik menyimak langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan.
Kegiatan Inti (60)
Mengamati:
1.   Peserta didik diarahkan membentuk kelompok dengan anggota 3-4 siswa.
2.   Peserta didik mengamati tayangan kegiatan diskusi dari TV/CD atau mengikuti kegiatan diskusi.
         Menanya:          
         1.    Dengan percaya diri dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan                
                benar  peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan diskusi.

         Mengeksplorasikan:
         1.    Peserta didik membaca transkrip teks diskusi dengan cermat atau mengikuti              
                kegiatan diskusi.
         2.    Peserta didik dapat menemukan ide pokok dalam teks diskusi.
         3.    Peserta didik mampu menyusun/merangkai ide pokok teks diskusi.
         4.    Peserta didik dapat menjawab pertanyaan berkaitan dengan teks diskusi.

          Mengasosiasi:
         1.   Peserta didik menemukan ide pokok yang terdapat dalam teks diskusi untuk              
         memperkuat pemahaman tentang teks diskusi.
          2.   Peserta didik menyusun / merangkai ide pokok yang telah ditemukan dalam   
                teks diskusi menjadi satu paragraf utuh.
         3.    Peserta didik menjawab pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam teks      
                diskusi
         Mengomunikasikan:
         1.    Peserta didik mempresentasikan/melaksanakan diskusi dengan penuh percaya           
                diri tentang menemukan ide pokok, menyusun/merangkai ide pokok, dan   
                menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks diskusi.
         2.    Peserta didik menanggapi hasil presentasi secara santun.
         3.    Peserta didik saling menilai kebenaran jawaban siswa.

Penutup (10 menit)
1.    Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat  
       menemukan, menyusun / merangakai ide pokok, dan menjawab pertanyaan    
       yang berhubungan dengan teks diskusi kemudian menyampaikan kepada     
      guru.
2.   Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran   
      tentang teks diskusi.
3.   Peserta merayakan keberhasilan pembelajaran dengan menyayikan lagu  
      gembira bersama.
H.      Penilaian
A   Penilaian Sikap

Indikator:
         Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
         1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah    
               Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
               1.3.1     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika    
                menjelaskan langkah menyusun teks diskusi.
  1.3.2     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam    
                  menyusun teks diskusi
2.3 Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang    
      kasus atau sudut pandang
     2.3.1    Mampu melaksanakan diskusi dengan cara demokratis dan saling     
                  menghargai pendapat satu sama lain
     2.3.2    Mampu melaksanakan diskusi dengan kreatif dalam menjawab   
                  permasalahan
     2.3.3   Mampu menyampaikan dan menyanggah pendapat dengan bahasa yang    
                 santun

A.      Observasi
Pedoman Penilaian
Berikan tanda centang (√) pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama pembelajaran
1= Tidak melakukan sesuai tuntutan indikator
2= Kadang-kadang melakukan sesuai tuntutan indikator
3= Sering melakukan sesuai tuntutan indikator
4= Selalu melakukan sesuai tuntutan indikator













No






Nama Peserta Didik

Indikator dan nilai Skor

 1.3.1     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika  menjelaskan langkah menyusun teks diskusi
1.3.2     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun teks diskusi  
      
2.3.1    Mampu melaksanakan diskusi dengan cara demokratis dan saling   
 mengharga         menghargai pendapat satu sama lain
2.3.2    Mampu melaksanakan diskusi dengan kreatif dalam menjawb  
 permasalahan                

.3.3   Mampu menyampaikan dan menyanggah pendapat dengan bahasa yang   
santun         

                    Jumlah  skor
1
.......  







2
.......







3
.......







B.      Penilaian Diri
 Lakukan penilaian sesuai dengan yang Anda lakukan dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia!
Kriteria skor:
1. Tidak melakukan sesuai tuntutan indikator
2. Kadang-kadang melakukan sesuai tuntutan indikator
3. Sering melakukan sesuai tuntutan indikator
4. Selalu melakukan sesuai tuntutan indikator
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, semester : VIII, Ganjil
Nama : ………………………………………
NIS, No. Absen : …………/………………...
c. Antarpeserta Didik
Berikan penilaian secara objektif terhadap sikap teman Anda terkait dengan kegiatan Membedakan Teks Diskusi dan Menyusun Teks Diskusi dengan cara memberikan tanda centang (√) pada kolom yang tersedia/
Kriteria skor:
1. Tidak melakukan sesuai tuntutan indikator
2. Kadang-kadang melakukan sesuai tuntutan indikator
3. Sering melakukan sesuai tuntutan indikator
4. Selalu melakukan sesuai tuntutan indikator
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas, semester : VIII, Ganjil
Nama yang dinilai : ………………………………………
Nama penilai : ………………………………………







No


            





Nama Peserta
Didik


Indikator dan nilai Skor

 1.3.1     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar ketika  membedakan teks diskusi
1.3.2     Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam menyusun teks diskusi  
      
2.3.1    Terbiasa berperilaku demokratis dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang


2.3.2   Terbiasa kreatif dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang


.3.3   Terbiasa menggunakan bahasa yang santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang



                    Jumlah  skor


Deskripsi  
dan
Nilai
Skor


Saya mengingatkan teman ketika membedakan teks diskusi agar menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.         

Saya merasa bangga dan bersyukur apabila mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar pada saat menyusun teks diskusi

Saya akan mendengarkan pendapat teman dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang saat membedakan teks diskusi
Saya/kelompok saya menjawab pertanyaan dari teman/kelompok lain dengan kreatif karena menguasai konsep yang telah disampaikan
Saya dan kelompok saya akan menggunakan bahasa yang santun dalam berdebat tentang kasus atau sudut pandang saat menyusun teks diskusi
1
.............






2
.............






Jumlah Skor
Nilai ([∑ skor/52]x4)
d.      Jurnal
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari, tanggal : …………………………………
Kelas, jam ke- : …………………………………
No
Nama Peserta Didik
Catatan Sikap










2.       Penilaian Pengetahuan                                                              
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita     
               prosedur, dan cerita biografi baik melalui lisan maupun tulisan
                 1.    Mampu menentukan struktur teks diskusi
       2.   Mampu menemukan ciri bahasa teks diskusi
4.1  Menangkap makna teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita    
               prosedur, dan cerita biografi baik secara lisan maupun tulisan
                 1.      Mampu menemukan ide pokok teks diskusi
2.     Mampu menyusun/merangkai ide pokok teks diskusi
3.     Mampu menjawab pertanyaan berkaitan dengan isi teks    
                     diskusi                                      
A. Teknik : Tes Tertulis
B. Bentuk : Uraian
C. Instrumen
1)     Mengapa siswa dilarang membawa telepon soluler?
2)    Mengapa ada sekolah yang membolehkan siswa untuk membawa telepon   
        seluler di sekolah?
3)    Pada paragraf keberapa terdapat informasi tentang dampak negatif telepon                   
        seluler bagi siswa?
4)    Pada paragraf keberapa terdapat informasi tentang manfaat telepon seluler      
        bagi siswa?
5)    Apa ide utama dalam paragraf pertama?
6)    Apa tujuan dibuatnya teks diskusi berjudul “Bolehkan Siswa Membawa
        Telepon Seluler ke Sekolah”?
7)    Sebutkan bagian-bagian struktur teks diskusi?
8)    Sebutkan 5 ciri kebahasaan yang terdapat dalam teks diskusi “Bolehkan
        Siswa Membawa Telepon Seluler ke Sekolah”?
9)    Apa simpulan teks diskusi tersebut?
10) Bagaimana pendapatmu tentang siswa yang membawa telepon seluler ke    
      sekolah?
Rubrik Penilaian Tes Tulis Pengetahuan             

No
Aspek  Penilaian
Skor
1
Peserta didik mampu menjawab 10 pertanyaan dengan tepat           
10
2
Peserta didik mampu menjawab 9 pertanyaan dengan tepat
9
3
Peserta didik mampu menjawab 8 pertanyaan dengan tepat
8
4
Peserta didik mampu menjawab 7 pertanyaan dengan tepat
7
5
Peserta didik mampu menjawab 6 pertanyaan dengan tepat
6
6
Peserta didik mampu menjawab 5 pertanyaan dengan tepat
5
7
Peserta didik mampu menjawab 4 pertanyaan dengan tepat
4
8
Peserta didik mampu menjawab 3 pertanyaan dengan tepat
3
9
Peserta didik mampu menjawab 2 pertanyaan dengan tepat
2
10
Peserta didik mampu menjawab 1 pertanyaan dengan tepat
1

Nilai akhir pengetahuan : Skor yang diperoleh x 100




                                                                                   

           Mengetahui,
Kepala SMPN 1 Bululawang


Dra.Hj.Durotul Bahgiyah M.Si
NIP  196208301985122001

Bululawang,    -  1  - 2015
Guru Bahasa Indonesia,


Saidah Rachmatul Janah.S.Pd
NIP  197311072006052007











Tidak ada komentar:

Posting Komentar