
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 1 Bululawang
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas/Semester : VIII/
Semester Satu
Materi Pokok :
Teks Cerita Moral/ Fabel
Alokasi Waktu :
3 pertemuan (3 X 2 Jam Pelajaran)
a) Kompetensi Inti
(1)
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(2)
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
(3)
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(4)
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
b)
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.
|
1.1 Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha
Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan
budaya
|
1.1.1
Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas
dan di luar kelas dengan baik dan benar
|
2.
|
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung
jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian
berdasarkan hasil observasi
|
2.1.1
Tidak menjiplak dalam menulis teks
2.1.2
Selalu tepat waktu dalam menyelesaikan tugas
2.1.3
Senantiasa menggunakan kata-kata yang tidak menyinggung
perasaan orang lain
|
3.
|
3.2 Membedakan teks cerita fabel baik melalui lisan
maupun tulisan
|
3.2.1
Membedakan
teks cerita fabel dengan teks teks cerita lain dilihat dari struktur isi
3.2.2
Membedakan
teks fable dengan teks cerita lain dilihat dari fitur bahasanya
|
4.
|
4.2
Menyusun
teks cerita fabel baik secara lisan
maupun tulisan
|
4.2.1
Mengamati
objek
4.2.2
Memilih
objek
4.2.3
Menentukan
judul
4.2.4
Menyusun
teks cerita fabel sesuai dengan struktur (orientasi, komplikasi, resolusi,
koda)
|
c) Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a. Melalui
membaca teks cerita fabel dan teks
cerita lain, peserta didik dapat membedakan teks cerita
fabel dengan teks lain dilihat dari struktur isi dengan
tepat.
b. Melalui
mencermati
teks cerita fabel dan teks cerita
lain, peserta didik dapat membedakan teks cerita fabel dengan teks lain dilihat dari fitur bahasanya dengan
tepat.
2.
Pertemuan ke-2
a. Setelah melakukan
pengamatan terhadap kehidupan binatang di sekitar lingkungan peserta didik , peserta didik dapat memilih
objek pengamatan untuk bahan penulisan teks
cerita fabel.
b.
Setelah melakukan pengamatan kehidupan binatang di
lingkungan sekitar peserta didik, peserta didik dapat mengumpulkan data atau bahan untuk menyusun teks
cerita fabel melalui wawancara dengan lingkungan sekitar peserta didik dengan
penuh tanggung jawab
c.
Setelah
diberi kesempatan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat
menentukan judul teks cerita fabel yang akan ditulis.
d.
Setelah
diberi kesempatan melakukan pengamatan lingkungan sekitar, peserta didik dapat
menyusun kerangka teks cerita fabel
yang akan ditulis sesuai struktur.
ANJING
YANG NAKAL
1.
Pertemuan ke-3
a. Melalui
pegamatan objek secara langsung siswa dapat
menyusun teks cerita fabel sesuai pemahaman tentang teks ( menentukan judul, menuliskan orientasi, menuliskan
komplikasi, dan menuliskan resolusi) dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD.
b. Siswa
dapat memperbaiki karya teks moral/fabel yang telah disusun dalam kelompok
diskusi berdasarkan struktur teks,
penggunaan bahasa, dan EYD
c. Siswa
mempresentasikan hasil kerjanya
dengan jujur, percaya diri, dan menggunakan baahassa Indonesia yanhg baik dan
benar.
a) Materi
Pembelajaran
(1)
Pertemuan ke-1
a. Perbedaan teks cerita fabel dengan teks cerita
lain dilihat dari struktur isi
b. Perbedaan teks cerita fabel dengan teks cerita
lain dilihat dari fitur bahasanya
1) Teks Cerita Fabel

Ada seekor anjing yang sangat nakal dan jahat sehingga
majikannya mengikatkan sebuah balok yang cukup berat di lehernya agar orang
mengetahui kehadiran anjing tersebut dan bisa menghindari anjing itu.
Tetapi sang Anjing yang nakal itu sangat bangga akan kalung
dan balok kayu itu, dia bahkan berlari-larian sambil menyeret-nyeret balok kayu
tersebut dengan ributnya untuk menarik perhatian orang lain. Tetapi tak ada
satupun orang yang senang melihat anjing itu.
Seekor anjing lain yang melihatnya kemudian berkata
"Kamu seharusnya lebih bijaksana dan berdiam diri di rumah agar orang
tidak melihat balok yang dikalungkan di lehermu. Apakah kamu senang bahwa semua
orang tahu betapa nakal dan jahatnya kamu?"
“Terkenal
karena kebaikan, sangatlah berbeda dengan terkenal karena kejahatan”
2)
Teks
Cerita Lain
Anjing – Anjing Trah Kecil
yang Lucu
1. PAPILLON
Papillon
Asal :
Perancis / Belgia
Berat Badan :
Proporsional
Tinggi : 20 –
28 cm
Warna Bulu :
Dasar putih dengan bercak warna selain cokelat kemerahan
Klasifikasi
: Gun dog
Papillon sering juga disebut continental
toy spaniel. Ia mulai dikenal sejak akhir 1880. Lahir sebagai “hasil
samping” dari pembiakan king charles spaniel di Inggris. Dibandingkan king
charles, papillon memiliki moncong lebih runcing, “pertulangan” yang halus,
dan ekor melengkung ke atas. Nama yang beraksen Perancis ini mengacu pada
telinganya yang besar, menghadap ke depan, dan terletak di sudut kepalanya.
Meskipun sosoknya mungil, anjing ini sebenarnya pemberani. Karakternya ramah
dan tidak kenal rasa permusuhan. Bulunya yang halus mudah dirawat.
2)
Pertemuan ke-2
a.
Langkah
Menyusun teks Cerita Fabel, yang meliputi
·
memilih objek
pengamatan
·
Mengamati
objek
·
Menentukan
judul
·
Meyusun
kerangka sesuai struktur
b.
Sumber bahan/topik menulis teks cerita moral/fabel
·
Hasil membaca
buku
·
Melihat gambar
·
Mengamati
perilaku binatang secara langsung
c.
Menentukan
judul
Syarat judul: menggunakan bahasa menarik, menggambarkan topic cerita,
ditulis dengan huruf besar semua secara singkat.
d.
Kerangka teks
cerita fabel strukturnya terdiri atas
orientasi, komplikasi, resolusi,
Dan koda
3)
Pertemuan ke-3
(a) Penyusunan teks cerita fabel berdasarkan
pemahaman tentang teks ( menentukan judul,
menuliskan orientasi, menguraikan komplikasi, dan menuliskan resolusi)
dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan EYD.
(b) Perbandingan antara teks cerita fabel yang satu
dengan lainnya didasarkan pada struktur teks.
(c) Teknik mempresentasikan hasil penyusunan teks
cerita fabel.
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode :
Langsung
3.
Model : Discovery Learning
F.
Media ,Alat
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Cerita Fabel dan cerita lain
Lingkungan sekitar peserta didik
Tayangan
materi power point
2.
Alat
Teks cerita fabel dan teks cerita lain
Gambar
binatang
Lembar Kerja siswa
3.
Sumber Belajar
- Zabadi, Fairul, Mu’jizah, Murniah, Dad, Sutejo, Parjopo, dan, Mujiati, Nok. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 16 s.d. 17
- Tim Olvista. 2011. Komodo Reptil Warisan Zaman Purba. Tersedia di http://olvista.com/fauna/komodo-reptil-warisan-zaman-purba/ diunduh, Kamis, 26 Juni 2013.
E.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan ke-1
a.
Pendahuluan (10
menit )
1) Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan
kondisi siswa dan kelas.
2) Perserta didik merespon pertanyaan dari guru
tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3) Untuk memberikan motivasi peserta didik dalam
pembelajaran membedakan teks cerita moral/fabel, guru menampilkan satu teks
cerita moral/fabel berjudul “Anjing yang Nakal” dan teks lain berjudul “Anjing
Pappilon”.
4) Perserta didik disiapkan untuk mengikuti
pelajaran tentang teks moral/fabel dengan menanyakan teks cerita moral/fabel
dan teks lain yang pernah mereka baca.
5) Perserta didik menerima informasi tentang tujuan
pembelajaran dan manfaat pembelajaran.
6) Peserta didik
menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
b.
Kegiatan
inti (60 menit)
Stimulus
Mengamati
·
Peserta didik
membaca contoh teks cerita fabel “Anjing Yang Nakal” dengan cermat
·
Peserta didik
membaca contoh teks cerita lain “ Anjing Kecil Yang Lucu” dengan cermat
Pertanyaan/identifikasi
masalah
Menanya
·
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan
perbedaan teks cerita fabel dan teks cerita lain dari segi struktur teks.
·
Peserta didik
dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan
perbedaan teks cerita fabel dan teks cerita lain dari segi fitur
kebahasaan.
Pengumpulan
data
Menalar/mengeksplorasi
·
Peserta didik
mendiskusikan persamaan teks cerita fabel dan cerita lain dari struktur isinya
·
Peserta didik
mendiskusikan perbedaan teks cerita fabel dan teks cerita lain dari ciri-ciri
bahasanya
Pengolahan
data
Mengasosiasi
·
Peserta didik
membandingkan dan menyimpulkan struktur teks cerita fabel
Pembuktian
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi tentang persamaan dan
perbedaan teks cerita fabel dan teks cerita lain dalam berbagai bentuk (uraian,
tabel, atau peta konsep)
c.
Penutup (10 menit)
1)
Dengan bimbingan
guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang perbedaan teks cerita
moral dan teks biografi.
2)
Peserta didik mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami perbedaan teks cerita moral dan teks biografi
3)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan
oleh guru
4)
Peserta didik mendengarkan umpan balik dan
penguatan dari guru mengenai perbedaan teks cerita moral/fabel dan teks lain.
5)
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut
pembelajaran
6)
Guru mengajak siswa mengucap surat Al Fatihah sebagai wujud rasa bersyukur
agar ilmunya bermanfaat.
7)
Guru mengucap salam penutup.
2.
Pertemuan ke-2
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit )
1) Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi siswa dan kelas
2) Perserta didik merespon pertanyaan dari guru
tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3) Perserta didik disiapkan untuk mengikuti
pelajaran tentang menyusun teks moral/fabel.
4) Perserta didik menerima informasi tentang tujuan
dan manfaat pembelajaran dengan
mengaitkan aspek sikap religi dan sosial.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus
Mengamati
·
Peserta didik mengamati
perilaku binatang di lingkungan sekolah/sekitar yang akan dijadikan bahan
menyusun teks moral/fabel. (missal: mengamati ulat, capung, ayam, kambing,
dll).
Pertanyaan/identifikasi
masalah
Menanya
·
Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru menanyakan hal-hal terkait dengan
periilaku-perilaku binatang, pemilihan objek, penentuan objek untuk menentukan
judul yang baik.
Pengumpulan
data
Menalar/mengeksplorasi
·
Peserta didik
dalam kelompok memilih objek pengamatan perilaku binatang dari lingkungan
sekitar dan atau sumber lainnya untuk bahan penulisan tesk moral/fabel.
·
Peserta didik
mengumpulkan data atau bahan dari perilaku binatang di lingkungan sekitar
dengan penuh tanggung jawab.
Pengolahan
data
Mengasosiasi
· Peserta didik dalam kelompok menentukan objek/topik penulisan teks
moral/fabel.
· Peserta didik dalam kelompok menentukan kerangka
penulisan teks moral/fabel sesuai struktur dan fitur bahasa dengan penuh tanggung jawab.
Pembuktian
Mengomunikasikan
·
Mempresentasikan
hasil diskusi penyusunan kerangka
penulisan teks cerita fabel/moral dengan penuh tanggung jawab dan percaya diri
·
Peserta
didik menyampaikan komentar untuk memperbaiki penyusunan kerangka teks cerita
moral dari kelompok lain dengan santun.
c.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1) Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya
selama melakukan pengamatan dan perancangan penulisan pengembangan kerangka
penulisan.
2)
Guru
memberikan umpan balik dengan menanyakan kesulitan yang dialami peserta didik.
3)
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan siswa di rumah, yaitu menyusun teks
moral/fabel secara mandiri.
4)
Guru mengajak
siswa membaca surat Al Fatihah sebagai wujud syukur agar ilmunya bermanfaat.
5)
Guru mengucap
salam penutup.
3. Pertemuan ke-3
a.
Kegiatan
Pendahuluan (10 menit )
1) Perserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi siswa dan kelas
2) Perserta didik merespon pertanyaan dari guru
tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3) Perserta didik disiapkan untuk mengikuti
pelajaran tentang menyusun teks moral/fabel.
4) Perserta didik menerima informasi tentang tujuan
dan manfaat pembelajaran dengan mengaitkan
aspek sikap religi dan sosial.
b.
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulus
Mengamati
·
Peserta didik membaca
ulang teks cerita moral/ fabel yang
telah disusun di rumah.
Pertanyaan/identifikasi
masalah
Menanya
·
Peserta
didik mengajukan pertanyaan yang berkaitan
dengan struktur dan penggunaan fitur bahasa pada hasil karyanya.
Pengumpulan
data
Menalar/mengeksplorasi
·
Peserta didik
mendata permasalahan terkait struktur teks dan fitur bahasa pada teks cerita
moral/fabel yang telah disusunnya meliputi (orientasi, komplikasi, resolusi,
koda) penggunaaan fitur bahasa pilihan
kata, penggunaan bahasa, ejaan dan EYD.
Pengolahan
data
Mengasosiasi
·
Siswa
dalam kelompok merevisi teks cerita
moral/fabel yang disusunnya bersama
kelompok lain dari segi judul, isi (muatan moral), orientasi, komplikasi,
resolusi, dan kaidah penggunaan bahasa
(struktur kalimat, istilah, ejaan, dan tanda baca).
Pembuktian
Mengomunikasikan
·
Siswa mempresentasikan hasil penyusunan teks cerita
fabel kelompok dengan percaya diri
dan bahasa yang lugas
·
Menanggapi
presentasi kelompok lain secara lugas dan santun
·
Menanggapi
presentasi teman dengan lugas dan santun
·
Memajangkan
hasil kerja
c.
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1) Peserta didik mengemukakan pengalaman-pengalamannya
selama menyusun teks cerita fabel.
2) Guru memberikan umpan balik terhadap kesulitan
siswa dalam menyusun teks cerita moral/fabel.
3) Peserta didik menerima tugas menyempurnakan teks
yang disusun dengan berpedoman pada penggunaan kata, ejaan, dan tanda baca yang
tepat.
4) Peserta didik menerima tugas mengkliping berbagai
bentuk teks cerita fabel di berbagai media massa/mempublikasikan lewat jejaring
social berbasis IT.
5) Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa membaca surat AL Fatihah bersama-sama sebagai wujud rasa syukur agar
ilmunya bermanfaat.
6) Guru mengucap salam penutup.
·
Penilaian
1. Sikap
spiritual
a.
Teknik Penialaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Terbiasa
menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar
|
Lembar
pengamatan
|
2
|
Memiliki
perilaku jujur dalam kegiatan
|
Lembar
pengamatan
|
3
|
Berperilaku percaya diri dan bertanggung jawab
|
Lembar
pengamatan
|
4
|
Berperilaku
santun
|
Lembar
pengamatan
|
d.
Rubrik Penilaian sikap
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Indikator,
skor
|
∑ skor
|
Nilai
(∑ skor:12)x 100
|
Kon-versi
nilai (Nilai:100) x 4
|
|||||||||||
Terbiasa
menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di kelas dan luar kelas
ketika menyusun teks cerita fabel
|
Berperilaku jujur, tanggung jawab, dan santun
dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil
observasi
|
|||||||||||||||
Jujur
|
Percaya
diri
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1.
|
||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||
dst
|
Pedoman Penilaian
Berikan tanda centang (√)
pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik
selama pembelajaran
1.
Tidak melakukan sesuai
tuntutan indikator
2.
Kadang-kadang melakukan
sesuai tuntutan indikator
3.
Sering melakukan sesuai
tuntutan indikator
4.
Selalu melakukan sesuai
tuntutan indikator
2.
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1.
|
3.2.1
Membedakan
teks cerita fabel dengan teks cerita lain dilihat dari struktur isi
|
Jelaskan
perbedaan teks cerita fabel dengan teks cerita lain dilihat dari struktur
isi!
|
2.
|
3.2.2
Membedakan
teks cerita fabel dengan teks cerita
lain dilihat dari fitur bahasanya
|
Jelaskan
perbedaan teks cerita fabel dengan teks cerita lain dilihat dari fitur
bahasanya!
|
Soal tes Uraian
Bacaan dan Rubrik Penilaian
Terlampir
3. Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Tes tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Rubrik penilaian
c.
Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Melakukan pengamatan terhadap salah satu objek
di lingkungan sekitar yang akan dijadikan bahan menulis teks cerita fabel
|
a.
Tulislah
teks cerita fabel dengan langkah-langkah:
·
memilih
objek pengamatan
·
Mengamati
objek
·
Menentukan
judul
·
Menulis
orientasi
·
Menjabarkan
deskripsi unsur-unsur penting dari objek yang diamati
|
Rubrik penilaian proyek
(Keterampilan)
Rubrik
Penilaian Hasil Akhir Kemampuan
Menulis Teks Cerita Fabel
No.
|
Aspek yang Diamati
|
Deskriptor
|
Tanda Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
|
Judul
|
·
Apakah judul sudah memunculkan ciri khas dari
sesuatu yang hendak diinformasikan?
|
||
2.
|
Orientasi
|
·
Apakah orientasi berisi
pengenalan fenomena benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan subjek
laporan, keterangan, dan klasifikasinya?
|
||
3.
|
Rincian
|
·
Apakah
unsur-unsur deskripsi lengkap?
·
Apakah
unsur-unsur deskripsi (ciri fisik, asal muasal, perkembangan motif,
perkembangan corak/warna, jenis,
teknik, dan diuraikan secara rinci dan
mendalam?
|
||
4.
|
Keterpaduan
wacana
|
·
Apakah antara paragraf satu dengan paragraf berikutnya
berkaitan ditandai oleh keterkaitan isi?
|
||
5.
|
Struktur
kalimat
|
·
Apakah tidak ada kesalahan struktur kalimat?
|
||
6.
|
Pilihan kata
|
·
Apakah pilihan kata baku dan menggunakan
istilah-istilah teknis (dalam
bidang tertentu)?
|
||
7.
|
Ketepatan
penulisan ejaan dan tanda baca
|
·
Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan
tanda baca?
|
Penilaian Diri
KD
2.1 Terintegrasi dalam KD 4.2
No.
|
Sikap
yang diamati
|
Tanda
Cek
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Tanggung jawab
|
||
a.
Saya melakukan
pengamatan dengan penuh konsentrasi
|
|||
b.
Saya melakukan
pengamatan dengan tahapan yang disepakati
|
|||
c.
Saya
menyelesaikan tugas menulis hasil teks fabel sampai selesai
|
|||
2
|
Jujur
|
||
a.
Saya
mendapatkan data pengamataan tanpa
menyontek data teman
|
|||
b.
Saya menyusun
laporan sesuai data hasil pengamatan
|
|||
c.
Saya membuat
laporan dengan pilihan kata dan kalimat yang saya susun sendiri
|
|||
3
|
Santun
|
||
a.
Sebelum menanggapi
laporan teman, terlebih dahulu saya mengacungkan tangan untuk meminta
kesempatan menanggapi
|
|||
b.
Saya menanggapi
laporan teman dengan intonasi datar dan ekpresi wajah ramah
|
|||
c.
Saya menanggapi
laporan teman dengan kata-kata yang tidak menyinggung teman
|
|||
Jumlah Tanda Cek
|
Perolehan Skor
|
|||||||||
Nilai =
|
--------------------
|
X Skor ideal
|
=
NA
|
||||||
Skor Maksimal
|
|||||||||
Mengetahui,
Kepala
SMPN 1 Bululawang
Dra.Hj.Durotul
Bahgiyah M.Si
NIP 196208301985122001
|
Guru
Bahasa Indonesia,
Saidah Rachmatul Janah.S.Pd
NIP 197311072006052007
|
izin copas ya Bu untuk keperluan mengajar...
BalasHapusizin copas ya Bu untuk keperluan mengajar...
BalasHapus