Minggu, 21 Desember 2014

RPP KD 3.4 DAN 4.4 Teks Observasi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
   
Sekolah                                                : SMP Negeri Poncokusumo                                     
                                                               SMP Negeri 2 Wagir
Mata Pelajaran                                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                    : VII/ 1
Materi Pokok                                        : Teks Observasi
Alokasi Waktu                                      : 2  pertemuan (4 X 40 menit)

A.     Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya

1.2    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

1.1.1       Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar






2.      
2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.2  Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna

2.3 Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat

2.4 Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek

2.1.1      Tidak menjiplak dalam menulis ringkasan teks observasi
2.1.2      Menulis ringkasan teks observasi  dengan kreativitas sendiri

3
3.4 Mengidentifikasi kekurangan teks hasil observasi, tanggapan dekriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan
3.4.1  mengidentifikasi struktur teks tiap paragraf
3.4.2  menyimpulkan kekurangan teks dari segi struktur
3.4.3  mengidentifikasi pemakaian konjungsi teks observasi
3.4.4  mengidentifikasi kesalahan penulisan kata
3.4.5  menyimpulkan kekurangan teks dari segi kebahasaan
4.
4.4 Meringkas teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
4.4.1  menuliskan kalimat utama tiap paragraf
4.4.2  menyusun ringkasan dari teks observasi dalam satu paragraf dengan menggabungkan kalimat utama yang ditemukan


C.     Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan ke-1
1. Diberi kesempatan membaca teks observasi, peserta didik dapat  mengidentifikasi tiap paragraf dari segi struktur dengan cermat dan tanggung jawab.
2. Diberi kesempatan mengidentifikasi struktur tiap paragraph teksobservasi, peserta didik dapat menyimpulkan kekurangan dari segi struktur dengan cermat tanggung jawab
3.  Diberi kesempatan membaca teks observasi peserta didik mengidentifikasi pemakaian konjungsi dengan cermat dan tanggung jawab
4. Diberi kesempatan membaca teks observasi, peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan kata yang salah dengan cermat dan tanggung jawab.
5. Diberi kesempatan mengidentifikasi segi kebahasaan, peserta didik dapat menyimpulkan kekurangan teks observasi dari segi kebahasaan dengan cermat


Pertemuan ke-2
1.Diberi kesempatan membaca teks observasi, peserta didik dapat menuliskan kalimat utama tiap paragraf dengan tanggung jawab dan cermat.
2.Diberi kesempatan membaca teks observasi, peserta didik dapat menuliskan ringkasan dengan menggabungkan kalimat-kalimat utama yang telah ditemukan dalam satu paragraf dengan tanggung jawab dan cermat.

D.     Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan,  ke-1
Pengenalan struktur teks laporan hasil observasi
(1) judul Cinta Lingkungan
2.      Pertemuan ke-2 
·       Wacana Biota Laut
·       Kalimat utama tiap paragraf dari wacana Biota Laut
·       Ide pokok tiap paragraf dari wacana Biota Laut
·       Ringkasan teks laporan hasil observasi Biota Laut



E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Scientific
2.      Metode                       : Inkuiry, diskusi kelompok
3.      Model                         : Discovery Learning

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                                                    Media :
        Power Point
        Gambar lingkungan alam
        Teks Observasi Cinta Lingkungan, Biota Laut dan Taman Nasional      
2.   Alat :
LCD, Lap top
3.   Sumber Pembelajaran
·       Zabadi, Fairul, Mu’jizah, Murniah, Dad, Sutejo, Parjopo, dan, Mujiati, Nok. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, halaman. 5,10 diberi perubahan dan 21.
·       Sumber lain dari internet
    
G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
1.      Pertemuan ke-1
a.              Pendahuluan  (10  menit )
1) Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
2) Pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.

b.           Kegiatan inti (60 menit)
  Mengamati
·         Peserta didik membaca teks laporan hasil observasi yang memiliki kekurangan struktur dan kebahasaan dengan cermat
·         Peserta didik membaca contoh hasil identifikasi kekurangan teks laporan hasil observasi dengan cermat

  Menanya
·         Peserta didik menanya tentang hal-hal yang berkaitan dengan mengidentifikasi kekurangan teks laporan hasil observasi

  Menalar/ mengeksplorasi
·            Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks observasi dari segi struktur dalam kelompok
·            Peserta didik mendiskusikan kekurangan teks observasi dari segi kebahasaan dalam kelompok

  Mencoba
·            Peserta didik menuliskan struktur tiap paragraf teks observasi dalam kelompok
·            Peserta didik menuliskan kesimpulan kekurangan teks observasi dari segi struktur dalam kelompok
·            Peserta didik menuliskan kekurangan penggunaan konjungsi dan kesalahan penulisan kata dari teks observasi dalam kelompok
·            Peserta didik menuliskan kesimpulan dari segi kebahasaan teks observasi dalam kelompok


  Mengomunikasikan
·            Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok,  kelompok lain menanggapi dengan santun     
           
c.  Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
2)   Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3)   Peserta didik  menerima pembelajaran selanjutnya

2.     Pertemuan ke-2
a.     Pendahuluan ( 10 menit)
1)     Pendidik menyampaikan apersepsi berkaitan dengan materi sebelumnya
2)     Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran

b.    Kegiatan Inti ( 60 menit)
Mengamati
1)     Peserta didik membaca teks observasi dalam kelompoknya
Menanya
2)     Peserta didik menanya cara meringkas teks observasi
Mencoba
3)     Peserta didik menulis kalimat utama tiap paragraf dalam kelompok
4)     Peserta didik menggabungkan kalimat-kalimat utama tiap paragraf menjadi  ringkasan dengan struktur dan ejaan yang benar
Mengkomunikasikan
5)     Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok, kelompok lain menanggapi dengan santun

c.     Penutup (10 menit)
1)     Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan pembelajaran
2)     Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3)     Peserta didik menerima informasi pembelajaran selanjutnya


H.  Penilaian
1.   Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian dan Rubrik



2.      Instrumen Penilaian
A.Pengamatan Sikap

No.
Nama Siswa
Cermat
Tanggung jawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1









2









3










Rubrik Penilaian Sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan  kecermatan dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan
1
Sudah menunjukkan kecermatan dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/ konsisten
2
Sudah menunjukkan kecermatan dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/ konsisten
3
Menunjukkan kecermatan dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan yang secara terus menerus dan ajeg/ konsisten
4

Teknik penskoran= Skor perolehan siswa X 4 = ...............
                                  Skor maksimal

B.PENILAIAN PENGETAHUAN
a.   Tes Tertulis 
Tes Uraian Pertemuan I
1.   Identifikasikan struktur teks tiap paragraf dari teks tentang Taman Nasional!
2.   Simpulkan kekurangan teks di atas dari segi strukturnya!
3.   Identifikasikan.pemakaian konjungsi dari teks observas tersebut!
4.   Identifikasikan penulisan kata yang salah dalam teks observasi tersebut!
5.   Simpulkan kekurangan teks observasi tersebut dari segi kebahasaan!
                                      
Tes Uraian Pertemuan II
1.     Tulislah kalimat utama tiap paragraf dari Teks Observasi Biota Laut!
2.     Gabungkan kalimat utama tiap paragraf dariteks di atas menjadi sebuah ringkasan !

Kunci Jawaban

Pedoman Penskoran Pertemuan I

No.
Aspek dan kriteria
Skor
1.
Ketepatan
 Struktur enam paragraf benar
 Struktur empat paragraf benar
 Struktur dari tiap paragraf tidak ada yang benar

6
4
1
2.




3.



4.



5.
Kebenaran
Kesimpulan kekurangan struktur dari teks benar
Kesimpulan kekurangan struktur dari teks kurang benar
Kesimpulan kekurangan struktur dari teks tidak benar

Menemukan tiga kesalahan pemakaian konjungsi
Menemukan dua kesalahan pemakaian konjungsi
Menemukan satu kesalahan pemakaian konjungsi 

Menemukan lima kesalahan ejaan
Menemukan tiga kesalahan ejaan
Menemukan satu kesalahan ejaan

Kesimpulan kekurangan kebahasaan dari teks benar
Kesimpulan kekurangan kebahasaan dari teks kurang benar
Kesimpulan kekurangan kebahasaan dari teks tidak benar

5
3
2

3
2
1

3
2
1

5
3
2


           Pertemuan II
No.
Aspek dan kriteria
Skor
1.
Ketepatan                    
a.Menuliskan 4 kalimat utama  dengan
   benar
b.Menuliskan 2 kalimat utama  dengan
    benar
c. Kalimat utama tidak ada yang benar 
  

4

2

1
2.
Kepaduan dan keruntutan
Ringkasan ditulis dengan padu dan runtut
                                 
b. Ringkasan yang ditulis kurang padu dan runtut
c.  Ringkasan yang ditulis tidak padu dan runtut
d. Ejaan dalam ringkasan  benar semua
e. Ejaan dalam ringkasan salah tiga kata
f. Ejaan dalam ringkasan salah lima atau lebih

Nilai = jumlah skor: skor maximal x 100
  

6

3
1
5
3
1




















C.Penilaian keterampilan
c. Portofolio
..............................


                                                                             ............., ............... 2013
Mengetahui,                                                            Guru Mata Pelajaran






1.     AGUSTINA P. - 026                  
2.     TUTIK YULIATI- 03
     ( Kelas 10)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar