Minggu, 21 Desember 2014

RPP KD 3.3 DAN 4.3 Teks Observasi




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                                : SMPN 1 BULULAWANG
Mata Pelajaran                                     : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                                    : VII/ 1
Materi Pokok                                        : Teks Laporan Hasil Observasi...
Alokasi Waktu                                      : 2  pertemuan (4 X 40 menit)

A.     Kompetensi Inti
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya

1.2    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis

1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

1.1.1       Terbiasa menggunakan bahasa Indonesia di kelas dan di luar kelas dengan baik dan benar

2.      
2.1  Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.2  Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna

2.3 Memiliki perlaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat

2.4 Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
2.5 Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek
2.1.1      Tidak menjiplak dalam menulis teks
2.1.2      Menulis teks observasi dengan kreativitas sendiri

3.      
3.3 Mengklasifikasi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan


3.3.1       Mengklasifikasi teks laporan hasil observasi
3.3.2       Mengklasifikasi teks berita .
                                                                 
4.
4.3 Menelaah dan merevisi teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi,
dan cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


4.3.1  Menelaah kekurangan teks hasil observasi dari
           aspek isi  dan  aspek bahasa

4.3.2  Menelaah dan merevisi teks hasil observasi
           dari aspek struktur dan kebahasaan

C.     Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan ke-1

1. Diberi kesempatan membaca teks laporan hasi observasi  peserta didik dapat
    mengklasifikasi teks dengan jujur dan tanggung jawab.

 2. Diberi kesempatan membaca teks berita peserta didik dapat
    mengklasifikasi teks dengan jujur dan tanggung jawab.

   Pertemuan ke-2                                                                                                

1.Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat menelaah kekurangan teks dari aspek isi dengan jujur dan tanggung jawab.

2 .Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat menelaah kekurangan teks dari aspek bahasa dengan jujur dan tanggung jawab.

3 Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat menelaah teks dari aspek struktur  dengan jujur dan tanggung jawab.

4. Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat menelaah teks dari aspek kaidah  kebahasaan dengan jujur dan tanggung jawab.

5. Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat merevisi  teks dari aspek struktur dengan jujur dan tanggung jawab.

6. Diberi kesempatan membaca teks hasil observasi  peserta didik dapat merevisi teks dari aspek kaidah kebahasaan dengan jujur dan tanggung jawab.

D.     Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan ke-1
3 teks laporan(Terlampir)

               3 teks berita(Terlampir
Pertemuan ke-2                                                                  
2.1 teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.
2.2 teks hasil observasi yang salah dari aspek bahasa.
2.3 teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.
2.4  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah
      kebahasaan.
2.5  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.
2.6  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah
      Kebahasaan..

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Scientific
2.      Metode                       : Inkuiry
3.      Model                         : Discovery Learning

F.      Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.                                                    Media :
        Power Point
        Gambar lingkungan alam
        Teks eksplanasi, Lirik lagu A.T. Mahmud tentang alam       
2.   Alat :
LCD, Lap top
3.   Sumber Pembelajaran
·       Zabadi, Fairul, Mu’jizah, Murniah, Dad, Sutejo, Parjopo, dan, Mujiati, Nok. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hlm. 112 s.d. 140.
·       Sumber lain dari internet :


    
G.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
1.      Pertemuan ke-1
a.     Pendahuluan  (10  menit )
-Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
                     - Pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan             
                      yang akan ditempuh untuk mmencapai kompetensi.


b.    Kegiatan inti (60 menit)
  Mengamati
·         Peserta didik membaca teks laporan hasil observasi.
·         Peserta didik membaca teks berita
                        Menanya

·         Peserta didik  menanya  teks laporan hasil observasi.
·         Peserta didik menanya klasifikasi teks berita
 
  Menalar/ mengeksplorasi
·            Peserta didik  diskusi tentang klasisifikasi teks laporan hasil observasi.
·            Peserta didik diskusi tentang klasifikasi teks berita.

  Mencoba
·            Peserta didik menyimpulkan klasifikasi teks laporan hasil observasi
·            Peserta didik menyimpulkan klasifikasi teks berita.
  Mengomunikasikanteks
·            Peserta didik  mempresentasikan hasil simpulan antar kelompok tentang teks laporan hasil observasi
·            Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi antar kelompo tentang teks berita.
           
c.Penutup (10 menit)
1)   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
2)   Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
3)   Peserta didik  menerima tugas dari guru untuk pertemuan berikutnya

1.     Pertemuan ke-2
c.     Pendahuluan  (10  menit )
-Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
                     - Pendidik dan peserta didik menyepakati langkah-langkah kegiatan             
                      yang akan ditempuh untuk mmencapai kompetensi.


d.    Kegiatan inti (60 menit)

  Mengamati
Peserta didik menganalisis teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.

Peserta didik menganalisis teks hasil observasi yang salah dari aspek kebahasaan.

Peserta didik menganalisis teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.

Peserta didik menganalisis  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah  kebahasaan.

Peserta didik  merevisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.

Peserta didik  merevisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah
      Kebahasaan..

                        Menanya
Peserta didik mendiskusikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.

Peserta didik mendiskusikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek bahasa.

Peserta didik mendiskusikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.

Peserta didik mendiskusikan hasil analisis  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah kebahasaan
     

Peserta didik mendiskusikan hasil  merevisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.

Peserta didik mendiskusikan hasil  merevisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah  kebahasaan..

 
   Menalar/ mengeksplorasi
Peserta didik mempresentasikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.

Peserta didik mempresentasikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek bahasa.

Peserta didik mempresentasikan hasil analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.

Peserta didik mempresentasikan hasil analisis  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah  kebahasaan.

Peserta didik mempresentasikan hasil  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.

Peserta didik mempresentasikan hasil  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah kebahasaan..

  Mencoba
  • Peserta didik menyimpulkan hasil presentasi analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.

  • Peserta didik  menyimpulkan hasil presentasi analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek kebahasaan.

  • Peserta didik  menyimpulkan hasil presentasi analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.

  • Peserta didik menyimpulkan hasil presentasi analisis  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah kebahasaan.

  • Peserta didik menyimpulkan hasil presentasi  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.

  • Peserta didik menyimpulkan hasil presentasi  revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah kebahasaan
.
.
  Mengomunikasikan teks
  • Peserta didik menukarkan hasil menyimpulkan analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek isi.

  • Peserta didik menukarkan hasil  menyimpulkan analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek bahasa.

  • Peserta didik menukarkan hasil    menyimpulkan analisis teks hasil observasi yang salah dari aspek struktur.

  • Peserta didik menukarkan hasil    menyimpulkan analisis  teks hasil observasi yang salah dari  aspek kaidah kebahasaan.

  • Peserta didik menukarkan hasil    menyimpulkan revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek struktur.

  • Peserta didik menukarkan hasil    menyimpulkan revisi teks hasil observasi dari kesalahan aspek kaidah kebahasaan


c.Penutup (10 menit)
4)   Peserta didik mengemukakan kesulitan dan kemanfaatan selama pembelajaran berlangsung.
5)   Peserta didik menyampaikan usulan untuk perbaikan pembelajaran berikutnya
6)   Peserta didik  menerima tugas dari guru untuk pertemuan berikutnya



b.                               Penilaian
1.                                                          Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
Tes Tertulis
Tes Uraian dan pilihan
Tes Unjuk Kerja
Tes Uji Petik Kerja dan Rubrik

2.                                                             Instrumen Penilaian
A.Pengamatan Sikap

No.
Nama Siswa
Jujur
Tanggung jawab
1
2
3
4
1
2
3
4
1









2









3










Rubrik Penilaian Sikap
Rubrik
Skor
Sama sekali tidak menunjukkan kejujuran dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan
1
Sudah menunjukkan kejujuran dan tanggung jawab  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/ konsisten
2
Sudah menunjukkan kejujuran dan tanggung jawab dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/ konsisten
3
Menunjukkan kejujuran dan tanggung jawab  dalam melakukan kegiatan yang secara terus menerus dan ajeg/ konsisten
4

Teknik penskoran= Skor perolehan siswa X 4 = ...............
                                  Skor maksimal

















B.PENILAIAN PENGETAHUAN
a.   Tes Tertulis  (SOAL)
Tes Uraian
Amati dan cermatilah kedua teks berikut :
Teks I
Teks II
Cinta Lingkungan

     1       Lingkungan      hidup   adalah   segala   sesuatu   yang   ada   di  sekitar  manusia    dan   berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia   binatang,    dan   tumbuhan.    Benda    mati  antara   lain  tanah,  air,  api,  batu,  dan   udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan  masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

     2       Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat  yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan  dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang  utan, dan komodo.

     3       Ekosistem     di  Indonesia   yang   masih   terjaga,   salah  satunya,   adalah   kawasan   Gunung   Kidul.   Di   daerah   itu   sungai   di   bawah   tanah   airnya   melimpah.   Di   gua  dan   sekitar   sungai  masih   dihuni   segerombolan   kelelawar   dan   fitoplankton.    Fitoplankton     itu  menjadi    makanan      ikan   sehingga    ikan   berkembang      biak  dengan   baik.   Hewan-hewan   melata   atau   reptil,   seperti   ular,   kadal,   dan   tokek  masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam  berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.




Tari Saman

                           1      Tari   Saman   tercatat   di   UNESCO   pada   Daftar   Representatif Buda   Warisan Manusia. Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke-6 Komite Antar-    Pemerintah     untuk   Pelindungan     Warisan   Budaya   Takbenda    UNESCO     di  Bali,   pada 24 November 2011. Pada awalnya Tari Saman merupakan salah satu media   untuk   menyampaikan   pesan   (dakwah). Tari   Saman      mengandung   pendidikan   keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

                           2      Penari   Saman    berjumlah    ganjil.  Mereka   menyanyikan     syair  lagu  berbahasa    Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman   dibagi   dalam    lima  macam.  Regnum     adalah    nyanyian   berupa   suara   auman.   Dering   adalah   suara   auman   yang   dilakukan   oleh   semua   penari.  Redet   adalah   lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada  bagian   tengah   tari.  Syek  adalah   lagu   yang   dinyanyikan   oleh   seorang   penari    dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan   gerak.  Saur   yaitu  lagu   yang  diulang   bersama    oleh   seluruh  penari   setelah  dinyanyikan   oleh   penari   solo.   Selain   nyanyian,   gerakan   penari   Saman   diiringi alat musik berupa gendang,suaea teriakan penari,tepuk tangan penari,tepuk dada penari,dan tepuk paha penari.Gerak dalam tari disebut guncang,kirep,lingang,dan surang saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo)



1.Dari kedua teks di atas tentukan manakah yang termasuk teks observasi?
2 Dari kedua teks di atas tentukan manakah yang termasuk teks berita ?
3.Sebutkan bagian teks:
1.   Bagian definisi umum
2.   Deskripsi bagian
3.   Deskripsi kegunaan atau manfaat

Kunci Jawaban
            1.teks 1

            2.teks  2
  
            3,1 paragraf 1
             3.2 paragraf  2
             3.3 paragraf 3

Pedoman Penskoran (SESUAIKAN!)


Nilai   =       skor perolehan
                    ____________    x      100
                    
                    Skor maksimal


1
No.
Aspek dan kriteria
Skor
1.
Kelengkapan
a. telaah kekurangan teks dari aspek isi secara lengkap
b. telaah kekurangan teks dari aspek isi kurang lengkap lengkap
c. telaah kekurangan teks dari aspek isi tidak  lengkap

3
2
1
e
Kelengkapan
a. telaah kekurangan teks dari aspek bahasa secara lengkap
b. telaah kekurangan teks dari aspek bahasa kurang lengkap lengkap
c. telaah kekurangan teks dari aspek bahasa tidak  lengkap

3
2
1
3.
Kelengkapan
a. telaah teks dari aspek bahasa secara lengkap
b. telaah  teks dari aspek bahasa kurang lengkap lengkap
c. telaah  teks dari aspek bahasa tidak  lengkap

5

2

1


Istilah
a.Menemukan 3 istilah dan dapat menjelaskan 3 arti istilah dengan
   benar
b.Menemukan 3 istilah dan dapat menjelaskan 2 arti istilah dengan
   benar
c. Menemukan 3 istilah dan dapat menjelaskan 1 arti istilah  dengan
   benar

5

2

1


No.
Aspek
Skor
4
Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks eksplanasi (no.1-10)


·         Jawaban sempurna
5

·         Jawaban kurang sempurna
3

·         Jawaban tidak sempurna
1

SKOR MAKSIMAL tiap butir soal
5

C.Penilaian keterampilan
c. Portofolio
..............................


                                                                             ............., ............... 2013
Mengetahui,                                                            Guru Mata Pelajaran





                         










Tidak ada komentar:

Posting Komentar